browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Apa Itu Olah Raga Futsal

Posted by on October 3, 2011

lapangan futsalIstilah Futsal berasal dari bahasa Portugis, “Futebol de Salao”, dan bahasa Spanyol, Futbol de Salon. Futebol berarti sepakbola, sedangkan Salao (Salon) berarti ruangan. Jika diterjemahkan maka futsal berarti sepakbola dalam ruangan.

Pertandingan berlangsung di lapangan basket yang beralaskan partikel kayu, dan bukan dilapangan rumput seperti halnya permainan sepakbola konvensional.Mungkin tergolong masih baru, Futsal di Indonesia terkesan salah kaprah. Sarana yang digunakan tidak sesuai dengan standar FIFA. Untuk Lapangan misalnya banyak lapangan yang menggunakan rumput sintetis (artificial grass). Malah dikampung-kampung dan komplek perumahaan banyak lapangan yang beralaskan beton, karena lapangan yang dipakai sama dengan lapangan basket dan bulu tangkis. Padahal menurut atural FIFA, lapangan futsal beralaskan karpet(matras) atau partikel kayu.

Perbedaan lainnya terletak pada ukuran lapangan. Panjang lapangan futsal nasional berkisar antara 25 m – 42 m dan lebarnya 15 m – 25 m, sementara untuk pertandingan internasional panjangnya 38 m – 42 m dengan lebar 18 m – 22 m. Di beberapa futsal center ukuran lapangannya cuman disesuaikan dengan luas lahan yang ada.

Teknik bermainpun masih menyimpang dari aturan. Masih kerap terlihat adanya tackling dan body charge seperti di sepakbola konvensional. Mungkin karena pemain kita masih terbiasa dengan gaya sepakbola konvensional. Maka banyak futsal center yang memilih menggunakan alas rumput sentetis. Ini maksudnya agar pemain tidak terkena cedera parah jika ditekel lawan.

Cara bermain yang masih menganut gaya sepakbola konvensional, disamping penggunaan sarana yang salah kaprah tadi, itu yang menjadi salah satu sebab kenapa Badan Futsal Nasional (BFN) PSSI sulit mencari bibit pemain futsal professional untuk diterjunkan di kejuaraan Asia atau Piala Dunia. Banyak pemain yang masih bergaya sepakbola ketika memainkan futsal.

  • Catatan : Tulisan ini dikutip dari majalah FreeKICK edisi September 200